lurah

Lurah

Menurut Perwal Nomor 90 Tahun 2016Pasal 24 Lurah mempunyai tugas membantu atau melaksanakan sebagian tugas camat dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, kesejahteraan sosial, ketentraman dan ketertiban umum, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan publik.

Menurut Perwal Nomor 90 Tahun 2016 Pasal 25 Lurah dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24, mempunyai fungsi :

  1. perencanaan program, kegiatan dan anggaran;
  2. pendistribusian tugas sekretariat, seksi pemerintahan dan pembangunan, seksi kesejahteraan sosial, dan seksi ketenteraman dan ketertiban umum;
  3. pemberian petunjuk bawahan;
  4. penyeliaan tugas bawahan dalam lingkup tanggungjawabnya;
  5. pelaksanaan kegiatan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai;
  6. pelaksanaan kegiatan koordinasi;
  7. pelaksanaan kegiatan sekretariat;
  8. pelaksanaan kegiatan penyusunan kebijakan Kelurahan;
  9. pelaksanaan kegiatanpemerintahan kelurahan;
  10. pelaksanaan kegiatanperencanaan pembangunan;
  11. pelaksanaan kegiatan kesejahteraan sosial;
  12. pelaksanaan kegiatan ketenteraman dan ketertiban umum;
  13. pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  14. pelaksanaan kegiatan pelayanan publik;
  15. pelaksanaan kegiatan pemeliharaan prasarana dan sarana serta fasilitas Pelayanan Publik;
  16. pelaksanaan kegiatan penyusunan dan pelayanan data dan informasi Kelurahan;
  17. pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pertanggungjawaban teknis keuangan;
  18. pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja pegawai dalam lingkup tanggungjawabnya;
  19. pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan Kelurahan;
  20. pelaksanaan penyusunan laporan kegiatan Kelurahan;
  21. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.
seklur
  1. Sekretariat

          Menurut Perwal Nomor 90 Tahun 2016 Pasal 26  ayat (1) Sekretariat berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Lurah. (2) Sekretariat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh seorang Sekretaris Kelurahan. Sekretaris Kelurahan mempunyai tugas membantu atau melaksanakan sebagian tugas dari Lurah

          Menurut perwal Nomor 90 Tahun 2016 Sekretaris Kelurahan mempunyai tugas :

  1. menyiapkan kegiatan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekretariat;
  2. membagi tugas kepada bawahan;
  3. membimbing bawahan dalam lingkup tanggungjawabnya;
  4. memeriksa hasil kerja bawahan;
  5. menyiapkan kegiatan penyusunan Sasaran KerjaPegawai;
  6. menyiapkan pelaksanaan koordinasi;
  7. menyiapkan kegiatan penyusunan kebijakan Sekretariat;
  8. menyiapkan kegiatan pelayanan publik;
  9. menyiapkan kegiatan tatakelola persuratan, kearsipan, kepustakaan, dokumentasi, keprotokolan dan kehumasan Kelurahan;
  10. Menyiapkan penyediaanjasa komunikasi, sumber daya air dan listrik;
  11. menyiapkan penyediaan akomodasi dan jamuan rapat/pertemuan, dan kunjungan tamu di lingkungan Kelurahan;
  12. menyiapkan kegiatan penatausahaan alat tulis kantor dan barang milik daerah;
  13. menyiapkan kegiatan pengelolaan kepegawaian di lingkungan Kelurahan;
  14. menyiapkan kegiatan pengelolaan sistem informasi dan Komunikasi Kelurahan;
  15. menyiapkan kegiatan penyusunan tatalaksana Pengelolaan pengaduan;
  16. Menyiapkan kegiatanpengelolaan dan penatausahaan keuangan Kelurahan;
  17. Menyiapkan kegiatan penyusunan data dan informasi Sekretariat;
  18. menyiapkan kegiatan pelayanan data dan informasi Kelurahan;
  19. menyiapkan kegiatan pertanggungjawaban keuangan sekretariat;
  20. Menyiapkan penilaian kinerja pegawai dalam lingkup tanggungjawabnya;
  21. Menyiapkan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Sekretariat;
  22. menyiapkan kegiatan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan Sekretariat;
  23. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.